Into The Unknown

Kriing..alarm jam berbunyi pukul 7.30 pagi. Kakak sudah bangun sementara Lil’Tea masih tidur. Semalam kami tidur lebih malam. Kebetulan mama ada event UMKM di Botani Square Mall bersama komunitasnya di Bogor. Selama pandemi Covid-19 kami sama sekali ga keluar kota. Kali ini Big Tea & Lil’Tea ikut karena kami sudah divaksin, Covid mereda & penasaran mau jalan-jalan ke Kebun Raya.

Tugu Kujang, Bogor


Kami menginap di IPB Hotel Botani Square. Hotel ini dekat dengan mal tempat mama berkegiatan. Dari Hotel kelihatan Tugu Kujang & Kebun Raya Bogor ada di seberang.


Setelah sarapan di Hotel, kami memulai jalan pagi menuju Kebun Raya, ga lupa foto2 dulu di depan Tugu Kujang, Icon kota Bogor.
Kota Bogor zaman mama remaja dulu berbeda. Sekarang Kota Bogor terlihat cantik, bersih tertata, warganya juga mulai taat peraturan di jalan. Ada suara petugas yang menegur kalau terjadi pelanggaran. ‘Bapak pengendara motor berbaju merah, silakan mundur ke belakang garis putih.’ Begitu yang pernah saya dengar waktu ada warga melanggar garis pembatas di lampu merah.


Dari Hotel kearah pintu masuk Kebun Raya ditempuh selama 15 menit. Hari Sabtu pagi cukup ramai orang2 jalan pagi & naik sepeda. Ada jalur pemisah khusus pesepeda & pejalan kaki. Ga ada lagi pedagang kelinci & anak ayam warna-warni di sepanjang trotoar. Kami jalan pagi dengan nyaman di trotoar yang lebar & bersih.
Ada bangku2 taman dari beton tersedia untuk istirahat sejenak. Trotoar dilengkapi tempat sampah organik & anorganik setiap beberapa meter. Semoga saja fasilitas yang nyaman ini dapat terus terjaga.


Pintu masuk Kebun Raya terletak berseberangan dengan Lawang Surya Kencana. Jl.Surya Kencana adalah kawasan Pecinan & menjadi pusat perniagaan.

Pintu Masuk Menuju Loket Kebun Raya Bogor


Pintu masuk Kebun Raya terbagi dua. Pintu sebelah kiri khusus kendaraan roda 2 dan 4 sedangkan pejalan kaki masuk dari pintu sebelah kanan. Kami disambut ramah oleh beberapa petugas wanita memakai T-shirt warna krem lalu kami diarahkan ke tempat membeli tiket. Jangan lupa scan aplikasi Peduli Lindungi sebelum masuk.

Loket Masuk Kebun Raya Bogor
Pintu Masuk Loket Kebun Raya Bogor Dilihat dari Dalam.

Harga tiket masuk hari biasa Rp.15.000,- sedangkan weekend/hari libur Rp.25.000,- per orang. Tidak ada perbedaan harga dewasa maupun anak-anak. Keluar dari ruangan tempat beli tiket ada teras kecil berbentuk setengah lingkaran. Di bagian kanan & kiri teras ada tangga ke bawah. Hmm..pilih arah yang mana ya?

Balkon Setengah Lingkaran Dengan Tangga Turun di Sebelah Kanan & Kiri

Bersambung Bagian 2

Iklan

12 respons untuk ‘Into The Unknown

  1. Aku belum pernah masuk kebun raya Bogor. Dulu waktu ke Bogor masih SD dan nggak sempet mampir.
    Semoga next ada kesempatan balik lagi ke bogor

    Suka

    1. Harga tiketnya sebanding dengan perawatan dan perbaikan yang dilakukan. Satu kali kunjungan sepertinya ga cukup untuk menjelajahi semua rute dan aktifitas di Kebun Raya Bogor. Harus ada kunjungan berikutnya 😊

      Suka

  2. Sejak kecil sudah punya keinginan berkunjung ke Kebun Raya Bogor karena sering baca tentangnya di majalah, bahkan sejarah Istana Bogor yang konon angker.
    Ternyata dekat dengan hotel tempat menginap, jadi strategis banget bagi pelancong luar kota. Kirain kebunnya jauh dari akses kegiatan masyarakat, ternyata dekat. Ideal sebagai tempat pijnik keluarga.

    Suka

      1. Banyak cerita tentang banyak titik di Kebun Raya Bogor termasuk Jembatan Merah. Sambil melintas di Jembatan Merah bisa selfie sebentar dengan latar belakang sungai Ciliwung dan Jalan Raya.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s