Makan Tanpa Sisa

Olahan makanan dari sisa singkong rebus

‘Sisa-sisa sambal di kulkas mau buat apa?, dibuang aja’ kata suami saya.

Memang sepintas isi Kulkas menunjukan sepertinya saya kolektor sambal. Ada sisa sambal kacang, sambal kecap, sambal bawang dan sambal cumi.

‘Jangan dibuang..sambal-sambal itu mau diolah kembali jadi campuran masakan.’ Kata saya. Terbayang sambal kecap bisa diolah kembali jadi campuran nasi goreng sosis kegemaran Adik atau sambal cumi ditambahkan pada tumis buncis kegemaran Kakak.

Menu sederhana dengan memanfaatkan sisa makanan yang sanggup membuat anak-anak makan dengan lahap dan uang belanja lebih hemat ini ternyata berdampak luas apabila dilakukan secara masal. Puluhan ton sampah sisa makanan dapat berkurang.

Food Sustainability Index 2018 sebuah penilaian ketahanan pangan yang dilakukan Economist Intelligence Unit mendapati Indonesia sebagai negara berkembang penghasil sampah makanan tertinggi. Hal ini juga didukung hasil kajian Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dengan sejumlah lembaga mengenai Food Loss & Waste di Indonesia tahun 2021. Sampah makanan di Indonesia mencapai 48 juta ton per tahun

Sampah sisa makanan rupanya mendapat perhatian khusus dari perusahaan-perusahaan, badan-badan pemerintahan dan komunitas yang tergerak mengatasi masalah ini. Kerjasama dilakukan dengan Supermarket setempat untuk mengolah bahan makanan yang masih baik tapi sudah dekat tanggal kadaluarsanya menjadi masakan bernutrisi dan disalurkan kepada yang membutuhkan. Kegiatan ini dilakukan terus menerus, memberi manfaat bagi banyak orang dan berhasil mengurangi puluhan ton sampah sisa makanan.

Sampah sisa makanan paling banyak dihasilkan oleh rumah tangga. Jenis sampah terbanyak berasal dari jenis padi-padian dan sampah paling tidak efisien pemanfaatannya adalah sayur-sayuran.

Wajan Keramik Estetik, anti lengket, hemat minyak

Ada beberapa TIPS hemat dan sehat memulai kebiasaan baik dalam keluarga dan berpartisipasi mengurangi sampah sisa makanan :

1. Mengatur menu dan membuat daftar belanja yang cermat untuk menghindari membeli bahan masakan yang tidak perlu atau tidak disukai keluarga.

2. Beli produk lokal.

3. Mengurangi produk tepung & daging dan lebih banyak mengolah sayur-sayuran.

4. Masak secukupnya

5. Ajarkan anak-anak dan disiplinkan diri sendiri untuk makan secukupnya tanpa sisa.

6. Memanfaatkan kembali sisa makanan.

Bersama kita bisa mengurangi sampah sisa makanan untuk lingkungan yang lebih baik. Yuk mulai dari sekarang. Recycle more, waste less!

EM/Sustainability

Upcycle Denim lama jadi kelihatan baru dan fashionable dapat dibaca pada link ini : 👇👇

8 Ide Sederhana Upcycle Denim Bekas

Iklan

8 respons untuk ‘Makan Tanpa Sisa

  1. Setuju banget! Bukan cuma ramah lingkungan, tapi kita juga lebih hemat. Apalagi sekarang inflasi, harga-harga bahan pokok merangkak naik. Kudu maksimalkan yang ada sekreatif mungkin.

    Suka

  2. Wah sama mbak, aku juga suka daur ulang makanan yang masih bisa diolah lagi, tentunya di mix dengan bahan makanan lain asalkan masih dalam kondisi baik, sebisa mungkin ngak membuang makanan ya mbak, sayang kalau masih bisa diolah apalagi banyak resep enak yang diolah dari bahan makanan sisa.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s