Cedera

Macam-macam alat penyangga cedera

‘Mom, Aku sebenarnya tertarik loh ikut Aikido..tapi takut cedera.’ Kata teman saya sesama orang tua murid pada suatu hari saat kami berdiri bersebelahan waktu jemput anak sekolah.

Saya tahu kebanyakan ibu-ibu ragu-ragu mendaftarkan anak atau diri sendiri ikut latihan Aikido atau jenis olahraga bela diri lainnya karena berbagai hal salah satunya takut cedera.

Cedera dapat dialami dalam semua cabang olahraga termasuk Aikido. Karena itu dalam latihan seorang Aikidoka akan dilatih cara-cara menghindari cedera. Ada berbagai macam teknik jatuh yang aman dan teknik-teknik menghindar yang diajarkan. Kalau peserta latihan melakukan latihan sesuai petunjuk seharusnya cedera dalam latihan dapat dihindari. Sensei & Senpai yang mendampingi latihan juga akan melakukan koreksi apabila sebuah Waza (teknik) yang dilakukan seorang Aikidoka kurang tepat dan mungkin akan mengakibatkan cedera.

Sekian tahun berlatih Aikido, cedera yang pernah saya alami adalah cedera otot (keseleo jari jempol tangan dan bahu). Untuk cedera bahu saya sempat ke dokter dan disarankan untuk terapi gerakan-gerakan tertentu. Awalnya terapi dibantu seorang Terapist di Rumah Sakit tapi kemudian saya melanjutkan melakukan gerakan terapi sendiri di rumah.

Tentunya setiap cedera sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk diberikan penanganan terbaik dan cedera tidak berlanjut tapi waktu cedera jempol jari tangan ada seorang teman baik hati yang menyarankan saya untuk pakai Wrist Support Brace/deker pergelangan tangan dan memberikan Wrist Support miliknya untuk saya pakai.

Namanya juga rejeki, ga boleh ditolak 🤭, alat penyangga ini saya pakai dan mampu mengurangi rasa sakit, membantu menahan tekanan saat teknik kuncian dan secara ga langsung membuat rekan berlatih saya lebih hati-hati mengaplikasikan teknik pada saya.

Alat-alat pengaman cedera yang pernah saya pakai yaitu :

◦ Knee Support Brace/deker lutut berfungsi untuk mengurangi nyeri, memperbaiki fungsi pada lutut yang cedera dengan cara menempatkan posisi dan struktur tulang lutut tetap berada pada posisi seharusnya, mengurangi tekanan & benturan.

◦ Wrist Support Brace/deker pergelangan tangan gunanya untuk menempatkan pergelangan tangan dan jari jempol saya yang keseleo waktu itu pada posisi yang seharusnya, menahan tekanan pada saat teknik diaplikasikan serta mengurangi rasa sakit.

◦ Shoulder Support Brace gunanya kurang lebih sama dengan jenis penyangga lainnya yaitu untuk membantu menahan tekanan atau benturan & menempatkan posisi dan struktur tulang bahu pada posisi seharusnya.

Saya pakai alat penyangga hanya pada waktu latihan. Cedera yang saya alami sembuh dengan sendirinya setelah 6 bulan sampai dengan 1 tahun. Cedera lain seperti patah tulang atau luka berdarah sejauh ini tidak pernah saya alami saat berlatih Aikido. Saat berlatih setiap Aikidoka diharapkan memiliki empati satu sama lain dan saling mengingatkan rekan berlatihnya agar terhindar dari cedera.

Produk-produk pelindung dari cedera dalam berolahraga dapat diperoleh di toko-toko olahraga online maupun offline dalam berbagai model & harga.

Apapun alasan dan jenis olahraganya akan memberi dampak positif apabila dilakukan dengan rutin & sesuai standar keamanan yang sudah ditentukan. Tersedia juga alat-alat sesuai kebutuhan sehingga olahraga dapat dilakukan dengan aman, nyaman & stylish 😍 jadi ga khawatir lagi untuk berolahraga ya moms.

Pilih jenis olahraga sesuai kondisi & kepribadian. Lakukan dengan teratur supaya pikiran lebih jernih, bahagia & percaya diri. Lengkapi dengan pola hidup teratur dan makan makanan sehat bergizi. Tubuh jadi lebih sehat dan bugar?…Aku sih Yes!. 😉

EM/Kesehatan/Olahraga

Mau kenal lebih jauh dengan orang-orang INDIGO dan belajar dari pengalaman hidup mereka? Baca artikel menariknya di sini 👇INDIGO PEOPLE Siapa Kami?

Iklan

6 respons untuk ‘Cedera

  1. Betul dengan rajin berolah raga badan dan pikiran menjadi segar fresh.
    Memang kalau terlanjur mager untuk memulainya lagi butuh semangat dan niat tp kalau sudah dijalani enak di badan meski pada awalnya pegel linu semua hehehe.

    Suka

  2. Ibu saya pernah memakai Knee Support Brace ini ketika lututnya pernah cedera sebelumnya, dan memang berfungsi banget untuk menahan jikalau lututnya kembali bermasalah. Cuman harganya lumayan juga ya mba kalau beli yang bagus hehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s